Pages

Tuesday, November 3, 2015

Cara Diet Sehat dan Efektif dengan Diet Carbo - Diet Tanpa Nasi

Nasi adalah makanan utama di Indonesia, mengandung Karbohidrat dan penghasil energi. Hampir semua orang di Negeri ini tidak akan pernah melewatkan nasi saat sarapan makan siang maupun makan malam. dan sebagian dari mereka makan nasi lebih dari porsinya karena bagi sebagian, makan adalah pemuas rasa lapar bukan untuk menyambung hidup. akibatnya sebagian dari mereka akan mengalami obesitas, perut buncit, penyakit ringan hingga penyakit berat, karena obsesi mereka terhadap makanan semakin meningkat, belum lagi ditambah konsumsi junkfood yang semakin marak. ketika junkfood bertemu dengan nasi dan minuman dingin, itulah tragedi.
Nasi sebagai Penghasil Energi


Mengapa saya sebut dengan tragedi karena kita semua tahu junkfood adalah makanan yang tidak sehat, makan-makanan yang digoreng akan membuat lemak lebih sulit dicerna, apa yang terjadi apabila lemak yang sulit dicerna itu bertemu dengan es, dia akan membeku dan menggumpal lalu tertimbun. kedua, adalah junk food yang berkolaborasi dengan es menjadi trio ketika bertemu nasi. nasi disini adalah bentuk karbohidrat sederhana yang dapat dengan cepat dikonversi menjadi lemak, kebayang kan?? belum lagi kalau konsumsi nasi ini berlebihan. nasi yang mengandung insulin akan membuat volume lambung menjadi lebih besar. dan apa yang terjadi jika volume lambung membesar?? kita tidak akan puas dengan porsi makan kita, dan cenderung semakin lama semakin meningkat dan seterusnya.
Nasi + Es + Junkfood = Tragedi


Masalah bertambah apabila kita kekurangan serat sayur dan buah-buahan serta kurang konsumsi air putih (tanpa es). masalah pertama yang timbul adalah susah buang air besar, apa yang masuk tidak dengan mudah keluar, sedang semua yang masuk tertimbun diperut dan apa yang harusnya keluar tertahan diperut, tidak heran jika kebanyakan orang indonesia memiliki perut buncit sekalipun mereka bukan peminum dan tubuh mereka tidak gendut-gendut amat.
Makanan Sehat untuk Diet


Saya sendiri mengalaminya, tubuh saya mungkin 10% diatas bobot normal seharusnya, dan perut saya sedikit buncit. sebagai seorang wanita pasti inginnya memiliki perut yang rata walaupun sebenernya ingin perut tampak sixpack tapi mungkin itu adalah mimpi di siang bolong. jadi, saya pun mempraktekkan diet carbo - tidak makan nasi - atau yang tidak mampu boleh mengurangi porsi nasi, semua ini sudah saya lakukan dari bangku kuliah kira-kira di tahun 2008 hingga sekarang November 2015.

Keuntungan Diet Carbo :
- Perut rata
- Berat Badan stabil
- Tubuh Lebih ringan

Step-Step yang harus dilakukan saat diet Carbo - Nasi :
  • Tentukan Niat
      Apapun yang akan kita lakukan, mau itu beribadah sekalipun pasti akan didahului dengan niat. begitu  juga dengan diet, harus didasari dengan niat yang kuat, karena kita memiliki kecenderungan untuk menunda diet ketika kita dihadapkan dengan posisi sulit saat ada berbagai macam hidangan lezat didepan kita yang terjadi adalah "Dietnya besok deh, sekarang anggap saja cuti diet" nah, hal-hal seperti itu lah yang akhirnya membuat diet kita gagal. waktu itu saya ditinggalkan pacar saya karena katanya saya gemuk, jadi itu merupakan pemicu yang sangat ampuh. benar kan!
  • Makan Sesuai Porsi
      Penyebab utama kita memiliki perut yang buncit atau berat badan berlebih sebenarnya adalah Porsi makan yang tidak sesuai dengan Aktivitas yang dijalani. misalnya : pagi hari kita sarapan satu piring nasi + Lauk + daging ayam + sayur padahal aktivitas kita adalah duduk diruangan ber-ac menghadap komputer apalagi sambil ngeblog (hehehe) apakah semua itu akan terbakar habis menjadi tenaga??? jika jawabannya tidak, maka kemana kah perginya seporsi penuh nasi dan kawan-kawannya tadi?? jawabannya adalah menjadi lemak dan...karena aktivitas yang kita lakukan hanya duduk seharian, jadi mereka terimbun di perut.
  •  Kurangi nasi sedikit demi sedikit
       Untuk orang Indonesia seperti kita yang selalu menyertakan nasi di setiap sarapan, makan siang dan makan malam kita, tentu akan terasa mustahil jika harus melakukan diet karbo dengan men-skip nasi sama sekali. satu, karena nasi merupakan menu wajib. Dua, karena yang kita rasakan saat menskip nasi dari menu makan kita adalah rasa lemas yang luar biasa.
   
     Kedua hal itu memang sulit dilakukan, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan, dan akan menjadi mustahil apabila kita melakukannya secara tiba-tiba dengan menghilangkan nasi di menu makan kita, yang ada adalah berhasil beberapa hari dan gagal seterusnya. jadi, untuk diet pun kita juga harus sabar.

     Kurangi nasi sedikit sampai tubuh kita yang awalnya lemas menjadi terbiasa dengan cara ini. sebenarnya mengurangi nasi dalam menu makan kita bisa sangat membantu untuk proses diet, tapi jika ingin melakukan diet lbih ketat lagi, maka kurangi nasi terus menerus hingga nasi hilang dari menu makan kita dan sepenuhnya digantikan oleh sayur, lauk-pauk, ikan dan daging yang porsinya ditambah untuk mensiasati hilangnya nasi dari menu makan kita

     Misalnya : hari pertama satu porsi nasi menjadi setengah porsi nasi, lakukan selama seminggu sampai tubuh kita terbiasa dan rasa lemas hilang, minggu kedua kurangi lagi dan lakukan selama seminggu sampai tubuh kita terbiasa, lalu ketika nasi sudh benar-benar di-skip dari menu makan siang maka tambah lah porsi sayur atau lauk pauknya, tapi dengan syarat tidak berlebihan dengan kebutuhan aktivitas kita
  •  Aturan Makan Malam
       Tidak seperti makan pagi dan makan siang, makan malam memiliki aturan yang lebih ketat. seperti biasakan makan dibawah jam 7.00 malam atau 3-4 jam sebelum tidur, dan dengan syarat kurangi porsi makannya, kira-kira separuh porsi makan siang kita, karena aktivitas selanjutnya adalah tidur. kecuali kita tidur di siang hari dan bekerja dimalam hari, kita boleh makan malam dengan porsi full. hehehe
  • Olah Raga
      Saya bukan Pacandu olah raga, sekalipun kita malas berolah raga, yang perlu kita tahu adalah Olah Raga itu penting, bukan semata-mata untu menurunkan berat badan, tapi lebih lagi untuk kesehatan kita. Olah raga bukan berarti kita harus berolah raga selama satu jam atau dua jam sampai keringat kita tercucur seember penuh agar bisa untuk mandi, ihhhh. Olah Raga sebenarnya cukup hanya seperempat jam saja kalau kita adalah kalangan yang sangat malas berolah raga, seperempat jam tapi lakukanlah dengan konsisten. ingat! konsisten!!
Air putih baik membantu diet

Selesai sudah Tips diet dari saya kali ini, semoga dapat membantu. jika ada diantara para pembaca yang menganggap hal ini mustahil, maka ingatlah bahwa ada saya sebagai saksi hidup yang menjalani diet tanpa nasi ini selama bertahun-tahun dan saya bahagia karenanya. mungkin saya tetap makan nasi, tapi itu tidak tiap hari, hanya sesekali saya, sebulan bisa dihitung dengan jari, itu saya lakukan kalau saya merindukan nasi dikehidupan saya.hehehe...dan tidak lupa saya mengkonsumsi air putih (tanpa es & tidak dingin) berliter-liter sehari. karena air sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, bukan hanya untuk diet tapi juka bagus untuk kulit.


3 comments:

  1. Kak mau tanya dong.. kira2 cara mana yg menurut kakak paling ampuh slama ini untuk diet kkak?

    ReplyDelete
  2. Kak mau tanya dong.. kira2 cara mana yg menurut kakak paling ampuh slama ini untuk diet kkak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maap yaa baru bales
      Menurut aku sih yg paling ampuh ya minum banyak air putih (gak dingin) dan menjaga pola makan, apalagi kalau bisa mengurangi nasi atau tanpa nasi itu paling ampuh
      Atau kalau masih mau makan nasi bisa dganti dengan beras merah drpda beras putih

      Delete

 

Our Beauty Inspiring Template by Ipietoon Cute Blog Design