Pages

Wednesday, November 18, 2015

DIY Toner menyegarkan dan memutihkan kulit wajah

Hai semua...
Kali ini aku mau share pengalaman bikin DIY Toner...
waktu itu kepincut sama SKII lalu ada dupenya dari secret key, udah penasaran banget mau nyoba sampai akhirnya aku nemu Blognya kak Lintang tentang DIY Toner Sacaromyces. lalu aku modifikasi lagi bahan-bahannya, dengan proses yang sama.

Aku udah nyoba Diy Toner ini selama kurang lebih satu bulan, di aku cocok sih. ketika habis cuci muka, kulit wajah akan terasa kering, lalu aku pakein si Diy Toner ini. hasilnya...wajahku terasa dingin dan segar, gak kering, pokoknya aku suka, awalnya aku pakai menggunakan kapas, kemudian aku semprot-semprotin ke wajah dan aku tepuk-tepuk dengan tangan, sama saja sih efeknya. setelah itu baru pakai pelembab.

Untuk Diy Toner ini aku udah buat berkali-kali, mulai dari menggunakan bahan dasar nasi saja, lalu nasi, dan jamur shiitake, dan nasi, jamur shiitake, dan jeruk nipis. sejauh ini sebenarnya aku paling suka Diy Toner dengan bahan nasi saja sih, di wajah lebih mengkilap, cuma sekarang kalau bikin DIY Toner selalu menggunakan campuran jamur shiitake, karena mengandung kojic aciid yang memang sudah terkenal dapat membuat kulit lebih putih dan karena jamur Shiitake aku masih banyak, hehe...

Well Langsung aja yuk...

Cara membuat DIY Toner untuk menyegarkan dan memutihkan wajah dengan Jamur Shiitake :

1. Siapkan Bahan

A. Nasi
     Nasi yang aku pakai adalah nasi yang baru matang, kata Kak Lintang untuk menghindari bau parah saat proses fermentasi, jadi kalau nasi yang baru matang, baunya tidak akan begitu menyengat
Nasi Putih
B. Jamur Shiitake
    waktu aku beli di Giant, namanya jamur Hioko, jadi aku rada bingung, trus googling, eh ternyata jamur Hioko hanya nama lain dari jamur Shiitake. Selain mengandung berbagai macam vitamun yang bagus untuk kesehatan tubuh dan kulit, Jamur Shiitake ini juga mengandung Kojic Aciid yang efektif dalam memudarkan bintik-bintik hitam dan memutihkan kulit.

Jamur Shiitake untuk DIY Toner memutihkan kulit
Jamur enoki kering aku rendam, kemudian aku iris kecil-kecil, dan aku rebus dengan 1,5 gelas air sampai menjadi 3/4 gelas.

C. Jeruk Nipis
    Aku tambahkan jeruk nipis agar DIY Toner ku bisa bertahan lebih lama, kalau biasanya cuma 3 hri, punya aku ini bisa bertahan sampai habis kira-kira 1minggu asal masuk kulkas. Selain itu, karena Jeruk nipis juga biasa dipakai untuk mencerahkan kulit.
Kandungan Jeruk Nipis untuk mencerahkan kulit
D. Ragi
     Ragi yang aku Pakai Merk Fermipan, karena cuma ini yang sering aku dengar pas bkin donat atau martabak manis.

Cara membuat DIY Toner Jamur Shiitake :
Masukan Nasi kedalam Gelas berisi air rebusan jamur Shiitake, keadaan air rebusan tidak boleh terlalu panas karena akan membunuh jiwa-jiwa tak berdosa dalam ragi. biar kan air dalam keadaan suam-suam kuku.

Setelah masukan nasi, lalu tambahkan jeruk nipis, kalau aku sih takarannya suka-suka hati hehe...
setelah itu masukan ragi, jangan terlalu banyak, kadang kita salah persepsi, bahwa ragi yang banyak akan membuat proses fermentasi semakin baik. secukupnya aja.

DIY Toner Jamur Shiitake

Gambar diatas adalah ketika semua sudah dicampur jadi satu, usahakan tidak ada logam diantara kita pada saat proses pembuatan DIY Toner Jamur Shiitake ini. setelah semua dicampur menjadi satu, tutup rapat dengan plastik dan karet, jangan sampai ada udara masuk, karena prosesnya akan gagal.

Whitening toner DIY
Gambar diatas adalah hasil fermentasi setelah satu hari. SATU HARI???? iya, satu hari. Kak Lintang sih bilangnya 3 jam, tapi karena aku bikinnya malam, trus pagi langsung kerja, jadi baru sempet buka lagi malam hari berikutnya, hehe

Apa gak papa kalau proses fermentasi kelamaan?

gak papa tuh, di kulit aku kok baik-baik saja ya, mungkin kulitnya kulit badak ya.


Kok Gak muncul gelembung-gelembung saat fermentasi? apa Proses fermentasinya tetap berhasil?

Apakah proses fermentasi dikatakan berhasil kalau muncil gelembung-gelembung banyak aja? gak dong...buatan aku cuma mengembun aja, tapi juga berhasil.


Proses fermentasi dikatakan berhasil apabila, air yang tadinya keruh kemudian terpisah antara bagian keruh dan beningnya, begitu.


Saatnya Penyaringan!!! Saringannya simpel aja sih, cuma pake kapas yang aku tarus diatas alat saring, dan...yang disaring bukan semua ya, termasuk ampas-ampas atau endapannya, bukan!!!
yang disaring bagian atasnya aja yang bening itu aja, endapannya gak perlu ikutan disaring, karena akan bikin toner kamu bauk!!

Setelah selesai langsung masukan kulkas agar lebih awet, setelah dipakai masukan kulkas lagi.
DIY Toner Menyegarkan dan mencerahkan kulit
DIY Toner Nasi : lebih mengkilap diwajah
DIY Toner Jamur Shiitake : terasa cekit-cekit saat dipakai, tapi efeknya bagus untuk yang ingin mencerahkan dan menghilangkan noda-noda hitam dikulit.

Ovel All ~ Semua nya DIY Toner Nasi & Jamur Shiitake sama-sama bagus untuk kulit, Efek mendinginkan dan menyegarkan bikin kulit kamu gak stres dan membantu menghilangkan redness dengan pemakaian teratur, kan kalau kulit gak stres bikin awet muda. dan Karena Pelembab saja gak cukup. seperti cewek-cewek korea memakai kosmetika dengan kandungan baik untuk kulit dan pakainya pun berlayer-layer. Mulai dari Pencuci wajah, Toner, Serum, Lotion, dan Cream, belum lagi sunscreen. Kalau aku sih baru sampai pada tahap Pencuci wajah, Toner, Lotion, Cream & Sunscreen, tapi benar lho...itu bagus untuk kulit kamu.


Buat Cewek harus rajin merawat diri...
bye!!





1 comments:

  1. Kalo bikin sendiri rasanya ada kebanggan tersendiri ya. Terlepas dari DIY atau beli sudah jadi yang penting rajin untuk merawat wajah, dan pastikan menggunakan produk yang sudah terdaftar BPOM.

    ReplyDelete

 

Our Beauty Inspiring Template by Ipietoon Cute Blog Design